Set Perlengkapan Kain kafan,-

Set Perlengkapan Kain kafan

jual set kain kafan

Set Perlengkapan Kain kafan – Kain kafan dari @rajane_keranda (Barzah) sangatlah berkualitas baik dan selalu menjadi pilihan seIndonesia, karena produk kami telah dipercaya dan diamanahi oleh berbagai dkm, yayasan, dll.

Ready stock!!! perlengkapan / Set jenazah kaffah untuk keperluan praktek Ibadah pengurusan jenazah, Wakaf untuk keperluan persediaan Masjid dan rukun kematian, Keperluan rumah sakit, Yayasan, Pribadi, dll.

Isi Set perlengkapan Jenazah kafan – Perlengkapan pemandian : Sabun cair 100ml, shampoo 35ml, Kapur barus 150gr, Cotton bud, Spons.

Perlengkapan Mengkafani – Kain kafan, Kapas gulung 500gr, Kapas bola-bola, Serbuk cendana, Gunting, Sisir, Jarum & Benang, Bedak dan Powder Puff, Peniti, Gunting kuku plus Tikar pandan.

Perlengkapan APD (Alat Pelindung Diri) Amil Jenazah – Apron/celemek plastik, masker, sarung tangan karet, tisue.

Ukuran Kain Kafan :

  • Lelaki Dewasa 12.5m.
  • Perempuan Dewasa 15m.
  • Anak-anak 8m.

Ukuran Box Set Kaffah 40x30x20, bahan box karton. Berat 3.5-4 Kg, Sangat cocok untuk stock penyimpanan keperluan jenazah di Masjid, Rumah sakit, Rumah, Dll.

agen Set Jenazah Kaffah | amanah dan dapat dipercaya, pembayaran setelah barang terkirim.

Set Perlengkapan Kain kafan

BACA ARTIKEL KAMI UNTUK INFO LENGKAP

Ukuran Kain Kafan Untuk Jenazah
 
Panjang kain kafan ± 15,5 meter, dengan potongan kain sebagai berikut :
  • Kafan 2 lapis dengan panjang @ 2,5 m X lebar kain + 0,5 m lebar potong kain. Total 7,5 meter  
  • Baju dengan panjang 2,5 meter, diambil 2/3 dari lebar. Sisanya 1/3 untuk sorban. Total 2,5 meter c. 1,5 meter untuk lengan baju, 2/3 dari lebar untuk baju.
  • Sisanya 1/3 untuk anak baju. Total 1,5 meter d. 1 meter untuk sal atau selendang. Total 1 meter e. 1,5 meter untuk ikat pinggang (1/3 dari lebar). Total 1,5 meter

 

Cara Mengkafani jenazah

  • Pertama siapkan segala sesuatunya yang diperlukan untuk mengkafani mayat (kain kafan dan lain-lain), Kemudian sobek bagian tepi/pinggir kain kafan tersebut,
  • Setelah itu potong kain kafan tersebut (sesuaikan dengan ukuran pemotongan kain kafan sebagaimana telah disebut pada huruf B di atas) Hal tersebut hendaklah disesuaikan dengan kondisi badan / fisik si mayat.
  • Seterusnya buatlah bajunya, kain sarungnya, cawatnya serta sorban bagi mayat laki-laki atau kerudung  bagi mayat perempuan. Disunnatkan pada pertama kali menyobek kain tersebut dengan membaca : 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِبَا سَهُ(هَا) عَنِالْكَرِيْمِ وَأَدْخِلْهُ(هَا) يَا اَللَّهُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ يَاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

“Allahummaj’al libaasahu (ha) ‘anil kariim wa adkhilhu (ha) Ya Allahu ta’ala birahmatikal Jannata yaa arhamarraahimiin”.  
  • Adapun cara meletakkan kain kafan itu ialah dibujurkan ke arah kiblat (letak kaki mayat ke arah qiblat)  jika tempat mengizinkan, Susunannya adalah sebagai berikut :
  1. Letakkan tali kain kafan sebanyak 5 helai  
  2. Kain kafan pertama dibentangkan
  3. Ikat pinggang mayat dibentangkan d. Kain kafan kedua dibentangkan
  4. Selendang / sal dipasang
  5. Sorban dibentangkan di atas sal / selendang
  6. Baju dibentangkan
  7. Anak baju dibentangkan di atas baju
  8. Kain sarung dibentangkan di atas baju  
  9. Kapas ditebarkan di atas baju dan kain sarung
  10. Selasih serbuk cendana dan wewangian ditabur di atas kapas Hendaknyalah mendahulukan kain yang kanan dari pada kain yang kiri

Set Perlengkapan Kain kafan

agen Set Jenazah Kaffah | amanah dan dapat dipercaya, pembayaran setelah barang terkirim.

Sekilas Artikel

Mengkafani Jenazah

mengkafani jenazah

Hukum mengafani (membungkus) mayat itu adalah fardu kifayah atas orang yang hidup, Kafan diambil dari harta si mayat sendiri jika dia meninggalkan harta, Kalau ia tidak meninggalkan harta, maka kafannya menjadi kewajiban orang yang wajib memberi belanjanya ketika ia hidup, Jika orang yang wajib membeli belanja itu juga tidak mampu, hendaknya di ambilkan dari baitul-mal, Jika baitul-mal itu tidak ada atau tidak teratur, maka hal itu menjadi kewajiban muslim yang mampu.

Set Perlengkapan Kain kafan

Demikian pula keperluan lainnya yang bersangkutan dengan mayat. Kafan sekurang-kurangnya selapis kain yang menutupi seluruh badan mayat, baik mayat laki-laki maupun perempuan. Sebaiknya untuk laki-laki tiga lapis kain; tiap-tiap lapis menutupi seluruh badannya. Sebagian ulama berpendapat bahwa salah satu dari tiga lapis itu hendaknya izar (kain mandi), sedangkan dua lapis lagi menutupi seluruh badannya.
  • 1. Mengkafani Jenazah Laki Laki

Dihamparkan sehelai-sehelai, dan di atas tiap-tiap lapis itu ditaburkan wangi-wangian, seperti kapur barus dan sebagainya; lalu mayat diletakkan di atasnya. Kedua tangannya diletakkan di atas dadanya, tangan kanan di atas kanan kiri; atau kedua tangan itu diluruskan menurut lambungnya (rusuknya)… Klik Untuk Lanjut Baca

Set Perlengkapan Kain kafan

  • 2. Mengkafani Jenazah Perempuan

Mula-mula dipakaikan kain basahan, baju, tutup kepala, lalu kerudung, kemudian dimasukkan ke dalam kain yangmeliputi seluruh badannya. Di antara beberapa lapisan kain tadi sebaik-baiknya diberi wangi-wangian, misalnyakapur barus. Kecuali orang yang mati ketika sedang dalam ihram haji atau umrah, ia tidak boleh diberi harm-harumandan jangan pula ditutupi kepalanya… Klik Untuk Lanjut Baca

 


Set Perlengkapan Kain kafan

Anjuran Dalam Mengkafani

  • Mengunakan kain putih yang terbuat dari kain katun (qotnu)
  • Melulut kain kafan dengan wangi-wangian
  • Memberi kapas di bagin tertentu (lihat rinian pada nomor 04 cara mengkafani mayat laki-laki)
  • Menggunakan kain kafan dengan hitungan ganjil, tiga lembar lebih utama dari dua atau empat lembar, akan tetapi penambahan hitungan kain kafan lebih dari satu lembar lebih baik meskipun satu termasuk hitungan ganjil sebagai penghormatan pada si mayit, jadi dua lembar lebih utama dari satu lembar.
  • Menggunakan kain yang bagus tapi tidak mahal, yang di maksud di sini adalah kain yang berwarna putih, bersih, suci dan tebal.

 


Larangan-Larangan Dalam Mengkafani

  • Menggunakan kain kafan yang mahal.
  • Menulisi ayat Al-quran atau Asma’ul A’dhom
  • Menggunakan kain kafan yang tipis (tembus pandang)
  • Berlebih-lebihan dalam mengkafani (israf)

 


Pembiayaan

Biaya dalam mengkafani di ambil dari harta peninggalan yang tidak ada sangkut pautnya dengan hak orang lain seperti barang gadaian dan sebagainya. Kalau harta peninggalan di atas tidak ada maka yang berkewajiban untuk membiayai adalah orang yang punya kewajiban memberi nafkah ketika masih hidup, jikalau orang yang berkewajiban tidak ada, maka bisa diambil dari baitul-mal, jika baitul-mal tidak ada maka pembiayaan diambil dari harta orang Islam yang mampu / kaya

 


Kadar Kain Kafan

Boleh dibungkus ( dikafani ) dengan kain yang halal baginya yang dipakai ketika masih hidup. Perempuan boleh dikafani dengan sutera sedangkan laki-laki tidak. Karena sutera dilarang dipakai laki-laki ketika masih hidup sedangkan bagiperempuan sebaliknya. Namun yang afdhol dalam mengkafani adalah menggunakan kain katun ( QOTNU ) berwarna putih dan sudah pernah dicuci ( bukan kain baru )

Set Perlengkapan Kain kafan

agen Set Jenazah Kaffah | amanah dan dapat dipercaya, pembayaran setelah barang terkirim.