5+ Manfaat Mengingat Kematian (Keimanan Meningkat)

Manfaat mengingat kematian, Sumber: republika.co.id

Perlu Anda ketahui bahwa kematian itu pasti terjadi dan tidak bisa dihindari. Salah satu manfaat mengingat kematian ialah menjadikan diri sadar bahwa kehidupan ini hanyalah sementara, lalu berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan keimanan. Takut adalah hal yang wajar, namun jangan biarkan ketakutan Anda membuang waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi kematian.

Mengingat kematian dalam Islam sangat diperlukan supaya kaum muslim semakin sadar bahwa setelah kematian ia tidak bisa lagi mempersiapkan bekal menuju akhirat. Ketika kematian datang menghampiri semua amal ibadahnya akan terputus kecuali 3 hal. 3 amalan setelah meninggal yang tidak terputus tertuang di dalam salah satu hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Manfaat mengingat kematian, Sumber: republika.co.id
Manfaat mengingat kematian, Sumber: republika.co.id

Allah SWT telah menentukan kematian seseorang tanpa ada yang mengetahuinya. Jadi Anda tidak bisa lari dari kematian. Jika saat di dunia Anda memerlukan ID card untuk mengkonfirmasi identitas, namun Allah SWT tidak memerlukannya. Karena Allah SWT Maha Tau, Allah tau dimana keberadaan Anda sehingga tidak perlu kabur dan lari untuk menghindari kematian.

Hal yang berkaitan tentang kematian dalam islam juga dibahas dalam hadits. Hadits mengingat kematian tersebut disampaikan oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan.” (HR. An-Nasai). Maksud dari pemutus kelezatan tersebut ialah kematian itu sendiri.

Manfaat Mengingat Kematian

Rasa takut akan kematian memang hal yang wajar. Namun jangan jadikan rasa takut Anda ini sebagai tameng yang membuat Anda semakin jauh dari Allah. Justru dengan rasa takut inilah yang membuat Anda senantiasa mengingat bahwa kematian itu nyata. Sehingga Anda bisa mempersiapkan bekal yang dibutuhkan sebelum kematian datang menjemput.

Allah SWT berfirman di salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya: “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An-Nisa: 78). Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan apabila senantiasa mengingat kematian, berikut manfaatnya.

1. Manfaat Mengingat Kematian Bisa Menjauhkan Diri dari Maksiat

Ketika Anda mengingat kematian, Anda akan tersadar bahwa tidak boleh melakukan perbuatan maksiat. Jadi secara otomatis Anda akan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat yang penuh akan dosa. Karena ia sadar bahwa segala perbuatannya akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat.

Sehingga jalan yang bisa ia tempuh saat ini ialah memohon ampun kepada Allah sekaligus menjauhkan diri dari hal yang tidak bermanfaat. Hikmah mengingat kematian ini bisa menyelamatkan Anda dari lubang dosa akibat maksiat.

2. Mengingat Kematian Termasuk dari Ibadah

Perlu Anda ketahui bahwa manfaat mengingat kematian selanjutnya ialah termasuk dalam ibadah. Hal ini dikarenakan mengingat kematian merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau menganjurkan umatnya untu senantiasa mengingat kematian supaya bisa mempersiapkan diri menghadapi kematian sekaligus bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

3. Lebih Khusyu’ Ketika Sholat

Mengingat kematian juga memiliki manfaat baik untuk kita agar lebih khusyu’ ketika melaksanakan sholat. Lakukanlah sholat seakan-akan inilah sholat terakhir Anda di dunia. Jadi Anda akan lebih khusyu’ saat sholat karena selalu mengingat kematian. Hal ini juga ada di dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Ingatlah kematian dalam salatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam salatnya, maka ia akan memperbagus salatnya. Salatlah seperti salat orang yang tidak menyangka bahwa ia masih punya kesempatan melakukan salat yang lainnya. Hati-hatilah dengan perkara yang kelak malah engkau meminta udzur (meralatnya) (karena tidak bisa memenuhinya).” (HR. Ad Dailami).

Kematian itu pasti terjadi, Sumber: amanat.id
Kematian itu pasti terjadi, Sumber: amanat.id

4. Mempersiapkan Diri Untuk Bertemu Allah

Dengan mengingat kematian, Anda juga bisa mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Anda tidak mau bukan berjumpa dengan Allah dalam keadaan yang buruk? Semua kaum muslim tentu saja ingin berjumpa dengan Allah dalam keadaan yang paling baik.

Sehingga mengingat kematian dapat digunakan untuk mempersiapkan bekal yang digunakan untuk berjumpa dengan Allah dalam keadaan sebaik mungkin. Renungan mengingat kematian ini baik untuk Anda yang ingin memantaskan diri di depan Allah kelak.

5. Mengingat Kematian Dapat Meningkatkan Keimanan

Manfaat mengingat kematian selanjutnya ialah dapat meningkatkan keimanan seseorang. Rasa takut akan kematian dapat menjadikan seseorang merubah diri menjadi lebih baik. Ia akan meningkatkan keimanan untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Siapa sih yang tidak ingin meninggal dalam keadaan husnul khotimah? Setiap muslim tentu saja ingin meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Oleh sebab itu meningkatkan keimanan bisa menjadi salah satu jalannya. Anda bisa melakukan berbagai amal kebaikan dan meninggalkan hal-hal yang buruk.

6. Menjadi Lebih Bersyukur

Ketika seseorang telah berjumpa kematian, maka sudah tidak ada lagi yang bisa ia lakukan. Hanya amal perbuatannya sajalah yang akan menolongnya di akhirat kelak. Namun jika selama di dunia ia tidak mengingat kematian dan sibuk menikmati perbuatan maksiat maka celakalah ia.

Jadi untuk Anda yang masih hidup dan diberi kesempatan mengingat kematian maka bersyukurlah. Anda masih bisa memperbaiki diri dan memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah Anda perbuat selama ini.

“Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali Imran: 145).

Mengingat kematian termasuk dari ibadah, Sumber: klikbmi.com
Mengingat kematian termasuk dari ibadah, Sumber: klikbmi.com

Terima kasih telah menyimak informasi mengenai manfaat mengingat kematian. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda. Untuk Anda yang membutuhkan informasi terkait harga keranda mayat, dapat menghubungi Rajane Keranda di kontak yang telah tersedia.

Butuh berbagai peralatan kepengurusan jenazah seperti keranda mayat stainless? Segera hubungi Rajane Keranda untuk melakukan pemesanan. Kami akan dengan senang hati membantu memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Amalan Sedekah Jariyah, Apa Saja Contohnya?

Contoh amalan sedekah jariyah, Sumber: blog.justika.com

Sedekah jariyah ini termasuk bagian dari amalan yang pahalanya tidak akan terputus meskipun telah meninggal. Hal ini sesuai dengan salah satu hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Sebelum masuk ke contoh-contoh dari sedekah jariyah, kita akan membahas mengenai pengertian amal jariyah. Amal jariyah artinya amal yang tidak akan terputus, meskipun orang tersebut telah tiada atau meninggal dunia. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa sedekah jariyah masuk ke dalam amalan setelah meninggal yang pahalanya akan terus mengalir.

Hal ini tentu saja akan membantu Anda ketika kematian telah datang menjemput. Semua amal akan terputus tapi tidak dengan sedekah jariyah yang telah Anda lakukan selama hidup di dunia ini. Jadi jangan pernah berhenti untuk melakukan kebaikan untuk melakukan amalan sedekah jariyah ini. Karena bisa menjadi bekal Anda yang bermanfaat untuk menghadapi fase kehidupan setelah kematian.

Contoh amalan sedekah jariyah, Sumber: blog.justika.com
Contoh amalan sedekah jariyah, Sumber: blog.justika.com

Melakukan hal-hal yang bermanfaat dan baik selama hidup di dunia itu penting. Ketika sudah meninggal, Anda tidak akan bisa lagi mengulang atau memperbaiki perbuatan yang Anda lakukan selama di dunia. Jadi pada saat masih diberikan kesempatan untuk hidup oleh Allah SWT, sudah sepantasnya dipergunakan untuk beribadah kepada-Nya dan melakukan perbuatan bermanfaat bagi orang lain.

Contoh Amalan Sedekah Jariyah

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua sedekah itu merupakan sedekah jariyah. Jadi hanya amalan yang selalu dan terus bermanfaat bagi orang lainlah yang dikatakan sebagai amal jariyah. Inilah beberapa contoh amal jariyah yang bisa Anda lakukan selama hidup di dunia.

1. Menggali Sumur

Terlihat sepele ya? Tapi nyatanya memang amalan yang satu ini merupakan salah satu amal jariyah yang bisa Anda lakukan. Sumur merupakan salah satu hal yang bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup, karena fungsinya yang digunakan sebagai sumber mata air. Semua makhluk hidup dapat terbantu dengan adanya sumber mata air.

Perihal ini juga telah dituangkan dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan mem­berinya pahala kelak di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah).

Ilustrasi menggali sumur, Sumber: rumah.com
Ilustrasi menggali sumur, Sumber: rumah.com

2. Membangun Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslim yang selalu digunakan, oleh sebab itu membangun masjid termasuk ke dalam amalan sedekah jariyah. Masjid akan terus dan selalu digunakan untuk beribadah kaum muslim. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menyalurkan harta Anda untuk pembangunan masjid.

Baca juga: Ketakutan akan Kematian? Begini Penjelasannya!

Boleh mendirikan satu bangunan utuh masjid ataupun memberikan donasi untuk pembangunan masjid. Berapapun harta yang Anda sumbangkan untuk pembangunan masjid akan dihitung. Jadi jangan ragu untuk ikut berdonasi membangun masjid ya. Perkara membangun masjid ini juga ada di sebuah hadits yang artinya:

“Barangsiapa yang membangunkan sebuah masjid kerana Allah walau sekecil apa pun, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di syurga.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Membangun masjid, Sumber: widiutami.com
Membangun masjid, Sumber: widiutami.com

3. Menanam Pohon

Amalan jariyah lainnya yang sangat sederhana ialah menanam pohon atau berbagai tumbuhan lainnya. Amal jariyah tidak hanya berkaitan dengan harta saja, namun juga dengan hal lainnya. Misalnya saja seperti menanam pohon ini. Dengan menanam pohon Anda membantu kehidupan makhluk hidup kedepannya.

Adanya pohon dan tumbuhan lainnya sangat berguna untuk menstabilkan alam. Hal ini sangatlah berguna bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya dimasa depan. Jadi menanam pohon ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berlangsung terus-menerus.

Menanam pohon yang bermanfaat, Sumber: rumahummat.or.id
Menanam pohon yang bermanfaat, Sumber: rumahummat.or.id

4. Memberikan Al-Qur’an Kepada Orang Lain

Memberikan Al-Qur’an kepada orang lain juga menjadi amalan sedekah jariyah. Apabila orang yang Anda berikan Al-Qur’an terus membaca dan menggunakannya, pahala tersebut akan terus mengalir meskipun Anda telah meninggal dunia. Belum lagi jika Al-Qur’an itu diturunkan kepada anak-anaknya dan selanjutnya, jadi akan semakin bermanfaat dan pahala akan terus mengalir.

Memberikan Al-Qur'an kepada orang lain, Sumber: dompetalquran.or.id
Memberikan Al-Qur’an kepada orang lain, Sumber: dompetalquran.or.id

5. Menyebarkan Ilmu yang Bermanfaat

Amalan jariyah yang selanjutnya ialah menyebarkan ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi jika Anda memiliki ilmu pengetahuan yang baik, maka bisa disalurkan lagi ke orang-orang yang belum memahami ilmu tersebut. Jangan pelit untuk memberikan ilmu yang Anda miliki kepada orang lain.

Baca juga: Akibat Berbuat Maksiat (Diantaranya Memperpendek Umur)

Ketika ilmu yang Anda ajarkan ke orang lain berguna dan bermanfaat bagi dirinya, itu akan menjadikan ilmu tersebut amal jariyah Anda. Belum lagi orang yang Anda berikan ilmu mengajarkannya lagi ke orang lain. Maka pahalanya tidak akan terputus dan terus mengalir meskipun Anda telah meninggal dunia.

Menyebarkan ilmu, Sumber: tirto.id
Menyebarkan ilmu, Sumber: tirto.id

6. Sedekah Harta

Perlu Anda ingat bahwa harta yang Anda miliki saat ini adalah pemberian dari Allah SWT yang dititipkan kepada Anda. Sebagian harta yang Anda miliki bisa disalurkan kembali untuk kepentingan masyarakat yang bermanfaat. Sedekah harta ini bisa menjadi salah satu amal jariyah yang pahalanya tidak akan terputus.

Allah SWT berfirman di dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali- Imron ayat 92).

Ilustrasi sedekah harta, Sumber: liputan6.com
Ilustrasi sedekah harta, Sumber: liputan6.com

Itulah tadi informasi mengenai apa saja contoh amalan sedekah jariyah yang bisa Anda lakukan selama masih hidup. Ada tambahan informasi untuk Anda yang memerlukan alat-alat kepengurusan jenazah seperti keranda mayat stainless misalnya, maka bisa memesannya di Rajane Keranda. Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terkait harga keranda mayat dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya dari kami seputar kepengurusan jenazah dan yang lainnya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda bisa mengakses langsung di laman website Rajane Keranda. Nantikan informasi menarik selanjutnya dari kami ya, terima kasih dan sampai jumpa!

Fase Kehidupan Setelah Kematian (Menurut Islam)

Fase kehidupan setelah kematian, Sumber: bekasi.pikiran-rakyat.com

Jangan kira setelah kematian datang menjemput, semuanya akan berakhir. Anggapan itu salah, masih ada fase kehidupan lain setelah kematian yang sudah menunggu Anda. Maka tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa kehidupan di dunia itu hanyalah sementara. Memang itulah kenyataannya, kehidupan yang sebenarnya ialah setelah kematian.

Kematian merupakan gerbang awal dimulainya tahapan perjalanan manusia menuju akhirat. Selama masih diberikan kesempatan hidup di dunia, sudah seharusnya kita menyiapkan bekal sebanyak mungkin untuk menghadapi kehidupan yang kekal abadi di akhirat. Menjauhi perbuatan maksiat dan memperbanyak amalan baik bisa menjadi bekal yang berharga.

Segala sesuatu yang didapatkan di dunia seperti harta, tahta, ataupun jabatan tidak ada gunanya jika Anda telah meninggal. Hanya amalan baik yang pernah Anda lakukan selama hidup di dunia yang bisa menjadi bekal Anda. Begitu pula semua amal perbuatan akan terputus ketika Anda telah dijemput kematian, kecuali 3 amalan setelah meninggal yang pahalanya tidak terputus.

Ilustrasi kematian, Sumber: jabarekspres.com
Ilustrasi kematian, Sumber: jabarekspres.com

Hal ini sudah tertera di dalam salah satu hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Tidak seorangpun yang tau kapan, dimana, dan seperti apa kematian datang menjemput. Hanya satu hal yang bisa kita lakukan yakni mempersiapkan kematian dengan sebaik mungkin. Memperbaiki ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah bisa terus Anda lakukan selama masih hidup. Selalu memohon ampun terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan selama hidup.

Fase Kehidupan Setelah Kematian dalam Islam

Jangan terlena dengan kehidupan yang ada di dunia, karena kenikmatan di dunia hanyalah kesenangan yang penuh dengan tipu daya. Hal ini juga telah tertuang di salah satu ayat Al-Qur’an, Allah SWT berfirman yang artinya: “Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Q.S Ali Imran: 185).

Kenikmatan yang dirasakan di dunia hanyalah tipu daya setan, jadi jangan tertipu oleh setan. Hal yang perlu Anda lakukan di dunia ialah memperbanyak amal sholih sebagai bekal untuk perjalan menuju kehidupan yang kekal dan abadi yakni akhirat. Allah SWT telah memperingatkan bahwa jangan tertipu oleh tipu daya setan.

“Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (memperdayakan) Allah.” (Q.S Luqman: 33).

Ada berbagai fase kehidupan manusia dalam Islam yang perlu Anda lalui setelah kematian. Jadi sudah jelas, dunia bukanlah apa-apa. Berikut fase kehidupan setelah kematian yang perlu Anda ketahui.

1. Alam Barzah (Alam Kubur)

Setelah manusia meninggal, ia akan berpindah ke alam barzah atau alam kubur. Di alam kubur ini ia akan bertemu dengan malaikat Munkar dan Nakir. Malaikat Munkar dan Nakir akan mulai memberikan pertanyaan mengenai segala amal yang telah diperbuat manusia selama di dunia. Mulai dari siapa Tuhannya, apa agamanya, apa kitabnya, dan siapa Nabinya.

Di alam kubur ini nantinya Anda akan menunggu hingga datangnya hari kiamat dan dibangkitkan kembali. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Sehingga apabila datang kematian kepada seorang diantara mereka (yang kafir) ia berkata: “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku, agar aku berbuat amal saleh terhadap yang telah aku tinggalkan” (Allah berfirman), “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu hanyalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh (pemisah) sampai hari mereka dibangkitkan.” (QS.Al-Mu’minun: 99-100).

Fase kehidupan setelah kematian, Sumber: bekasi.pikiran-rakyat.com
Fase kehidupan setelah kematian, Sumber: bekasi.pikiran-rakyat.com

2. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Fase kehidupan manusia setelah kematian berikutnya ialah Yaumul Ba’ats atau hari kebangkitan. Hari ini akan datang ketika malaikat Isrofil meniupkan sangkakala yang kedua. Peniupan sangkakala yang pertama akan membinasakan semua makhluk hidup, kemudian yang kedua barulah dibangkitkan kembali semuanya tanpa terkecuali.

Hal ini telah tertuang di dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya: “Dan tiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (keputusannya masing-masing).” (QS. Az-Zumar: 68).

3. Yaumul Mahsyar (Padang Mahsyar)

Setelah semua makhluk dibangkitkan, mereka akan dikumpulkan di sebuah padang luas yang bernama Padang Mahsyar. Pada fase kehidupan setelah kematian ini, posisi matahari hanya berada satu jengkal di atas kepala manusia. Untuk kaum muslim yang taat kepada Allah akan mendapatkan perlindungan Allah sehingga tidak akan kepanasan.

Seluruh manusia akan didampingi oleh 2 malaikat dan mulai diadili. Malaikat yang satu menjadi pengiringnya dan malaikat yang satunya lagi akan menjadi saksi atas perbuatan yang telah dilakukan manusia selama hidup di dunia. Perihal Padang Mahsyar juga dijelaskan di dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi: 47).

Baca juga: Ketakutan akan Kematian? Begini Penjelasannya!

4. Yaumul Mizan (Hari Penimbangan)

Fase kehidupan setelah kematian berikutnya ialah Yaumul Mizan atau hari penimbangan. Pada saat itu semua catatan amal yang telah dilakukan akan ditimbang. Sehingga semua orang akan memperolah balasan semua dengan timbangan amalnya. Mengenai hari penimbangan ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami akan mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah kami sebagai pembuat perhitungan.” (QS. Al-Anbiya: 47).

5. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Setelah itu amal perbuatan setiap orang akan dihitung di Yaumul Hisab. Satu per satu manusia akan melihat segala perbuatan yang telah ia lakukan selama hidup di dunia. Yaumul Hisab juga dijelaskan dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya kepada kami-lah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban kami-lah menghisab mereka.” (QS. Al-Ghashiyah: 25-26).

6. Jembatan Shirathol Mustaqim

Fase kehidupan setelah kematian selanjutnya ialah melewati jembatan Shirathol Mustaqim. Untuk melewati jembatan ini tergantung dari amalan yang telah dihisab sebelumnya. Jika ia memiliki amalan yang buruk, maka jembatannya akan mengecil. Bahkan ukurannya sekecil sehelai rambut yang dibagi menjadi 7, sehingga ia akan kesulitan untuk melewati jembatan ini.

Beda halnya untuk orang yang memiliki amalan baik, ia akan dengan lancar melewatinya tanpa halangan apapun. Bahkan ada yang melewatinya secepat kilat, menunggang unta, kambing, bahkan sapi. Hewan-hewan tersebut merupakan hasil dari berqurban selama di dunia.

Baca juga: Amalan Setelah Meninggal (Pahala Tetap Mengalir)

7. Surga dan Neraka

Bagi umat muslim yang berhasil melewati jembatan Shirathol Mustaqim akan ditempatkan di dalam surga. Nantinya seluruh umat muslim akan ditempatkan di surga, meskipun ia memiliki dosa. Sebelum ke surga, umat muslim yang berdosa akan masuk terlebih dahulu ke dalam neraka untuk membersihkan seluruh dosanya.

Bagi kaum kafir, munafik, dan setan akan ditempatkan di neraka. Neraka merupakan tempat yang paling buruk, penuh dengan penderitaan, penyiksaan, dan kesengsaraan. Semua perbuatan buruk di dunia, akan dibalas di dalam neraka.

Perjalanan menuju akhirat, Sumber: wartakota.tribunnews.com
Perjalanan menuju akhirat, Sumber: wartakota.tribunnews.com

Itulah tadi informasi mengenai fase kehidupan setelah meninggal. Bagi Anda yang sedang mencari berbagai kebutuhan alat kepengurusan jenazah misalnya keranda mayat stainless, maka bisa menghubungi Rajane Keranda. Untuk melakukan pemesanan atau ingin Informasi lebih lanjut mengenai harga keranda mayat dan yang lainnya, bisa langsung menghubungi kontak yang telah tersedia.

Terima kasih telah membaca informasi di atas, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Selain informasi di atas, Anda juga bisa membaca artikel lainnya misalnya saja seperti hukum wasiat lisan dalam Islam atau informasi menarik lainnya. Anda bisa mengakses informasi tersebut hanya di laman website Rajane Keranda.

Amalan Setelah Meninggal (Pahala Tetap Mengalir)

Doa anak sholeh, Sumber: popbela.com

Kematian merupakan sesuatu hal yang pasti dan akan terjadi kepada semua makhluk yang hidup. Namun tidak ada satupun yang tau kapan kematian akan datang menjemput. Setelah mati semua amalan yang diperbuat akan terputus. Namun ada beberapa amalan setelah meninggal yang pahalanya akan terus mengalir dan tidak terputus.

Jadi ketika seseorang meninggal dunia, maka ia tidak akan membawa apa-apa termasuk harta benda dan yang lainnya. Semua amal perbuatannya juga akan terputus pada saat meninggal, kecuali 3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia. Hal ini juga sudah ada di dalam salah satu hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Salah satu amalan setelah meninggal ialah sedekah jariyah, Sumber: news.detik.com
Salah satu amalan setelah meninggal ialah sedekah jariyah, Sumber: news.detik.com

Karena tidak ada seorangpun yang tau tentang kapan kematian akan tiba, jadi sudah seharusnya kita mempersiapkannya mulai saat ini. Kita perlu mempersiapkan kematian sebaik mungkin dengan melakukan amalan-amalan baik selama masih hidup. Perbaikilah ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah bisa Anda lakukan sebelum kematian tiba.

Jangan sampai Anda termasuk orang-orang merugi yang belum sempat bertobat hingga ajal menjemput. Apalagi meninggal dalam keadaan berbuat maksiat, Naudzubillah Min Dzalik jangan sampai terjadi pada diri kita ya. Mati itu nyata dan akan dirasakan oleh setiap makhluk hidup, seperti yang telah tercantum dalam Al-qur’an, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS. Ali Imran : 185).

Manfaat Mengingat Kematian

Meskipun kita telah tau bahwa kematian itu pasti, namun masih banyak orang-orang yang takut akan mati. Rasa takut memanglah hal yang wajar dialami setiap orang. Namun terkadang masih banyak orang yang sudah merasa takut mati, namun masih berbuat maksiat. Bukannya berusaha untuk memperbaiki diri dengan mempersiapkan bekal sebelum kematian itu datang.

Jika diambil dari segi positifnya, rasa takut akan mati itu juga bermanfaat. Mengapa demikian? Ketika Anda merasa takut mati, maka secara otomatis Anda ingat akan kematian. Ingat mati itu penting untuk mempersiapkan bekal dan memperbaiki diri sebelum meninggal. Karena seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa mati tidak akan membawa apapun, jadi persiapkan bekal untuk menghadapinya.

Menjadi Lebih Bersyukur

Dengan mengingat kematian, akan membuat Anda lebih mensyukuri nikmat hidup yang telah diberikan oleh Allah selama ini. Karena Anda tau bahwa setelah kematian datang, Anda tidak lagi merasakan kenikmatan yang ada di dunia saat ini. Apapun yang sedang Anda lalui hari ini baik itu kesenangan, kesedihan, atau yang lainnya Anda bisa mensyukurinya.

Jika Anda masih bisa merasakan kenangan ataupun kesedihan itu tandanya Anda masih hidup. Setiap makhluk hidup tentu saja memiliki cobaan tersendiri. Namun dengan mengingat kematian, apapun keadaannya ia akan tetap bersyukur karena masih bisa bernafas hingga saat ini. Di salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah banyak mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat).” (HR. Al Baihaqi).

Ilmu yang bermanfaat, Sumber: arahkata.pikiran-rakyat.com
Ilmu yang bermanfaat, Sumber: arahkata.pikiran-rakyat.com

Tambah Khusyu’ dalam Sholat

Mengingat kematian juga dapat menambah kekhusyu’an saat melaksanakan sholat. Hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Ingatlah kematian dalam salatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam salatnya, maka ia akan memperbagus salatnya. Salatlah seperti salat orang yang tidak menyangka bahwa ia masih punya kesempatan melakukan salat yang lainnya. Hati-hatilah dengan perkara yang kelak malah engkau meminta udzur (meralatnya) (karena tidak bisa memenuhinya).” (HR. Ad Dailami).

Menambah Keimanan

Selama Anda mengingat kematian, maka secara otomatis juga akan menambah keimanan Anda. Anda akan lebih rajin untuk beribadah, berbuat kebaikan, menghindari segala larangan Allah, dan melakukan hal-hal yang diperintahkan Allah SWT.

Baca juga: Mendalami Fiqih Pengurusan Jenazah Yang Ideal!

Amalan yang Masih Mengalir Setelah Meninggal

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa setelah mati semua amal perbuatan akan terputus. Namun ada 3 amalan setelah meninggal yang tidak terputus pahalanya. Pahala yang terus mengalir setelah meninggal tersebut akan membantu Anda kelak setelah menjumpai kematian dan menjadinya bekal. Berikut 3 amalan yang tidak terputus pahalanya meski orang tersebut telah meninggal.

1. Sedekah Jariyah

Amalan setelah meninggal yang pahalanya akan terus mengalir yang pertama ialah sedekah jariyah. Misalnya dengan mensedekahkan AL-qur’an kepada seseorang. Selama Al-qur’an tersebut digunakan untuk hal-hal yang baik, maka pahala akan terus mengalir kepada si pemberi Al-qur’an tersebut. Meskipun orangnya sudah meninggal, pahalanya tetap akan terus mengalir.

Baca juga: Arti Mati Syahid Menurut Pendapat Beberapa Ulama’

2. Ilmu yang Bermanfaat

Pahala yang mengalir setelah mati selanjutnya ialah ilmu yang bermanfaat. Ketika masih hidup Anda sering menyebarkan ilmu yang baik dan bermanfaat kepada orang, lalu ilmu tersebut terus-menerus dipraktikkan dan disebarkan lagi, maka bisa menjadi amalan baik setelah meninggal. Ilmu tersebut akan mengalirkan pahala terus-menerus meskipun Anda telah meninggal.

3. Doa Anak Sholeh

Anak yang sholeh selalu mendoakan orang tuanya ketika masih hidup ataupun telah tiada. Doa anak sholeh merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan membantu Anda kelak ketika sudah di alam kubur. Maka didiklah anak-anak Anda supaya menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua. Sehingga kelak ia bisa membantu Anda saat telah meninggal dunia.

Doa anak sholeh, Sumber: popbela.com
Doa anak sholeh, Sumber: popbela.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa saja amalan setelah meninggal. Sedikit informasi untuk Anda yang butuh alat-alat kepengurusan jenazah seperti keranda mayat stainless atau yang lainnya, maka dapat menghubungi Rajane Keranda. Untuk mendapatkan Informasi lebih lanjut mengenai harga keranda mayat, Anda bisa menghubungi kontak yang telah tersedia.

Terima kasih telah berkenan menyimak informasi di atas, nantikan artikel kami selanjutnya yang memuat informasi seputar kematian dan alat kepengurusan jenazah lainnya. Anda bisa membaca berbagai artikel yang telah kami bagikan seperti ziarah kubur dalam pandangan Islam dan informasi yang lainnya hanya di laman website Rajane Keranda.

Ketakutan akan Kematian? Begini Penjelasannya!

Ketakutan akan kematian, Sumber: muslim.okezone.com

Ketakutan akan Kematian – Rasa takut akan sesuatu hal di dalam hidup ini memang wajar dan sering kali terjadi, salah satunya ialah rasa takut akan kematian. Namun ada beberapa orang yang mengalami rasa takut mati berlebihan. Dari segi medis hal tersebut masuk ke dalam sebuah gangguan kesehatan yang dinamakan thanatophobia.

Thanatophobia merupakan rasa takut yang berlebihan pada kematian. Sebenarnya memiliki perasaan takut akan kematian sebuah kondisi yang wajar dan hampir dialami setiap manusia. Namun perlu Anda ingat kembali bahwa, nantinya semua makhluk yang hidup pasti akan mengalami kematian. Sehingga Anda tidak perlu untuk takut secara berlebihan.

Rasa takut termasuk ke dalam bagian dari cobaan hidup yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Hal tersebut tertuang dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah 2: 155).

Ketakutan akan kematian, Sumber: muslim.okezone.com
Ketakutan akan kematian, Sumber: muslim.okezone.com

Daripada Anda merasa ketakutan akan kematian, lebih baik Anda mencoba memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Tidak jarang orang-orang yang selalu dihantui rasa takut mati ini berbuat dosa sebelumnya, sehingga rasa takut mati selalu menghantui hidupnya. Rasa bersalah karena telah berbuat maksiat bisa menjadi penyebab tumbuhnya rasa takut berlebihan akan kematian.

Sebenarnya rasa takut mati ini juga diperlukan agar Anda bisa mengingat kematian, dan sadar bahwa kematian itu nyata. Sehingga Anda bisa mempersiapkan bekal yang akan dibawa untuk menghadap Allah SWT. Berikut salah satu ayat Al-Qur’an mengenai kematian:

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’ Ayat 35).

Cara Mengatasi Ketakutan akan Kematian

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut akan kematian. Meskipun Anda takut, namun sebisa mungkin Anda bisa mengontrol ketakutan tersebut. Karena dikhawatirkan rasa takut tersebut dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Berikut cara mengatasi rasa takut mati yang dilansir dari berbagai sumber.

Sholat 5 Waktu

Sholat 5 waktu termasuk salah satu cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan menurut islam. Dengan rajin sholat 5 waktu dan tidak pernah meninggalkannya, akan membuat perasaan Anda jauh lebih tenang dari sebelumnya. Anda bisa memperbaiki terlebih dahulu ibadah wajib yang sering Anda tinggalkan tersebut.

Karena masih banyak orang muslim yang belum menjalankan sholat wajib 5 waktu. Meskipun wajib tapi kenyataannya masih banyak yang menyepelekan dan meninggalkannya. Padahal sholat dapat membuat hati Anda menjadi tenang dan menjadi salah satu cara untuk mengatasi ketakutan akan kematian.

Sholat 5 waktu, Sumber: dream.co.id
Sholat 5 waktu, Sumber: dream.co.id

Membaca Al-Qur’an

Cara mengatasi ketakutan akan kematian selanjutnya ialah dengan membaca Al-Qur’an. Dengan membaca Al-Qur’an, perasaan Anda akan menjadi tenang dan nyaman. Anda akan merasa lebih dekat dengan Allah melalui Al-Qur’an.

Anda bisa membaca Al-Qur’an setelah selesai sholat fardhu. Bacalah sedikit demi sedikit, seiring berjalannya waktu ada akan mulai terbiasa dengan kebiasaan baik tersebut. Membaca Al-Qur’an juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih adem dan tenang.

Membaca Al-Qur'an, Sumber: jurnalmedan.pikiran-rakyat.com
Membaca Al-Qur’an, Sumber: jurnalmedan.pikiran-rakyat.com

Melaksanakan Amalan Sunnah

Meskipun bersifat sunnah, namun amalan ini baik dilakukan dan tidak akan merugikan Anda. Amalan sunnah ini jika dijalankan memiliki keistimewaan yang dahsyat. Keistimewaan melaksanakan amalan sunnah juga tertuan di salah satu hadits, Rasulullah bersabda:

“Amal yang pertama kali dihisab hari kiamat adalah sholat. Jika baik maka dia akan beruntung dan sukses, jika buruk maka dia menyesal dan rugi. Allah SWT berfirman kepada malaikat, ‘Periksalah sholat hamba-Ku, cukup atau kurang? Jika cukup, catat. Jika kurang, periksa lagi, apakah hamba-Ku punya amal sholat sunah? Jika punya, kekurangan sholat wajibnya ditambal sholat sunahnya.’ Baru setelah itu, amalnya dihisab.” (HR Abu Dawud).

Baca juga: Hukum Wasiat Lisan Dalam Pandangan Islam yang Penting

Beberapa contoh amalan sunnah yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya meliputi sholat dhuha, sholat tahajud, hingga puasa. Bahkan berdzikir juga termasuk dari amalan sunnah yang bisa Anda lakukan setiap saat. Berdzikir juga akan membuat Anda lebih tenang dan bisa mengalihkan rasa takut Anda tentang kematian.

Melakukan amalan sunnah, Sumber: muslimah.or.id
Melakukan amalan sunnah, Sumber: muslimah.or.id

Berkumpul dengan Orang-Orang Sholih

Lingkungan juga membawa dampak bagi setiap individu untuk melakukan sesuatu. Apabila Anda berkumpul dengan orang-orang yang suka berbuat maksiat, maka besar kemungkinan Anda juga akan terjerumus ke dalamnya. Oleh sebab itu berkumpullah dengan lingkungan yang di dalamnya banyak orang-orang sholih yang mengajarkan kebaikan.

Berkumpul dengan orang sholih dapat membuat hati Anda menjadi lebih tenang. Sekaligus membantu Anda untuk semakin dekat dengan Allah. Dengan berada di lingkungan baik ini, Anda akan mulai menjauhi berbagai hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Berkumpul dengan orang-orang sholih, Sumber: masjidassegaf.com
Berkumpul dengan orang-orang sholih, Sumber: masjidassegaf.com

Melakukan Kegiatan Bermanfaat

Ada berbagai kegiatan yang membawa manfaat di dalam kehidupan Anda, misalnya saja bersedekah. Dengan bersedekah Anda bisa lebih mensyukuri nikmat hidup yang telah diberikan Allah untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa membantu orang-orang yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Anda akan lebih fokus untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk sekitar. Alih-alih sering ketakutan akan kematian, Anda akan lebih sering memikirkan bagaimana cara untuk mempersiapkan bekal yang akan Anda bawa untuk kembali ke haribaan Allah SWT.

Ilustrasi bersedekah, Sumber: hot.liputan6.com
Ilustrasi bersedekah, Sumber: hot.liputan6.com

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ketakutan akan kematian. Ada tambahan informasi bagi Anda yang memerlukan berbagai alat kepengurusan jenazah seperti keranda mayat stainless atau yang lainnya dapat menghubungi Rajane Keranda. Untuk mendapatkan Informasi lebih lanjut mengenai harga keranda mayat, Anda bisa menghubungi kami di kontak yang tersedia.

Terima kasih telah berkenan membaca artikel di atas, nantikan artikel kami berikutnya yang memuat informasi seputar kematian dan alat kepengurusan jenazah lainnya. Anda bisa membaca berbagai artikel yang telah kami bagikan seperti apa saja tanda-tanda kematian dan informasi yang lainnya hanya di laman website Rajane Keranda.

Akibat Berbuat Maksiat (Diantaranya Memperpendek Umur)

Akibat dari berbuat maksiat, Sumber : bimbinganislam.com

Maksiat merupakan sesuatu perbuatan yang melanggar apa saja yang telah dilarang oleh Allah SWT. Setiap kaum muslim sudah seharusnya untuk menjauhi segala perbuatan yang telah Allah larang. Segala perbuatan tentu saja memiliki konsekuensinya, begitu juga dengan berbuat maksiat yang nantinya akan ada akibat bagi yang melakukannya.

Setiap manusia memang pernah berbuat dosa, sekalipun dosa kecil. Namun setiap dosa yang diperbuat manusia, Allah telah memberikan solusi untuk meminta ampun atas perbuatan yang telah dilakukan seseorang. Salah satu yang bisa manusia lakukan untuk meminta pengampunan kepada Allah atas dosa yang telah diperbuat adalah dengan melakukan sholat tobat.

Kemudahan yang diberikan Allah itu lantas jangan disepelekan dan terkesan mengentengkannya. Setiap perbuatan yang Anda lakukan pasti akan ada akibatnya. Seseorang yang telah terlanjur masuk pada dunia kemaksiatan akan semakin susah untuk keluar jika tidak ada niat yang kuat. Semua kembali pada diri individu masing-masing mengenai keseriusannya untuk bertobat.

Hidup dan mati seseorang tidak ada yang tau kecuali Allah SWT. Oleh sebab itu melakukan kebaikan selama masih hidup merupakan kewajiban, sehingga dapat terhindar dari Su’ul Khotimah (mati dalam keadaan buruk). Bisa saja seseorang meninggal dalam keadaan melakukan maksiat, Naudzubillah Min Dzalik jangan sampai terjadi pada diri kita ya.

Akibat dari berbuat maksiat, Sumber : bimbinganislam.com
Akibat dari berbuat maksiat, Sumber : bimbinganislam.com

Kemaksiatan Penyebab Su’ul Khotimah

Setiap perbuatan yang dilakukan pasti akan berdampak, bisa itu baik maupun buruk tergantung apa yang kita kerjakan. Misalnya saja bermain media sosial, jika kita menggunakan media sosial dengan tepat maka akan memberikan dampak positif bagi penggunannya. Sebaliknya jika kita menggunakannya tidak baik maka dampak negatif media sosial yang akan kita dapatkan.

Salah satu penyebab seseorang meninggal dalam keadaan buruk (Su’ul Khatimah) adalah akibat dari berbuat maksiat yang dilakukan selama ia masih hidup. Setiap kaum mukmin tentu saja mengharapkan kelak saat waktunya tiba mereka meninggal dalam keadaan yang baik (Husnul Khotimah). Maka dari itu belajar untuk menjauhi hal-hal yang membawa kemaksiatan sangat penting.

Seseorang yang selama hidupnya sering sekali melakukan hal-hal yang maksiat, maka hal tersebut akan semakin menumpuk dan melekat di hatinya. Sehingga saat sakaratul maut memori maksiatlah yang akan hadir. Itulah mengapa kemaksiatan menjadi penyebab seseorang meninggal dalam keadaan Su’ul Khotimah. Karena yang diingat sampai saat terakhir hanya kemaksiatan yang pernah dilakukan.

Ilustrasi jenazah, Sumber : tandaseru.com
Ilustrasi jenazah, Sumber : tandaseru.com

Akibat Berbuat Maksiat

Berbuat maksiat tentu saja akan memiliki dampak buruk bagi seseorang yang melakukannya. Salah satu contoh perbuatan maksiat adalah terus-menerus melakukan dosa. Orang tersebut secara sadar melakukan dosa namun tidak segera memohon ampun dan bertobat kepada Allah SWT. Berikut beberapa akibat dari seseorang berbuat kemaksiatan.

1. Memperpendek Umur

Pada dasarnya, tidak ada yang mengetahui sampai umur berapa seseorang hidup. Namun akan lebih bermanfaat apabila hidup dihabiskan untuk beribadah kepada Allah serta menaati berbagai perintah-Nya. Sedangkan jika dihabiskan dalam kemaksiatan hidup akan sia-sia dan tidak membawa keberkahan, sehingga hidup akan terasa pendek karena tidak digunakan dengan baik.

2. Hilangnya Ilmu Pengetahuan

Ilmu merupakan sebuah cahaya yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Ketika seseorang berbuat kemaksiatan, maka cahaya tersebut akan padam. Sehingga dapat dikatakan bahwa akibat dari berbuat maksiat adalah hilangnya atau padamnya sebuah ilmu.

3. Terdapat Kesulitan dalam Hidup

Seseorang yang sering melakukan kemaksiatan tanpa adanya upaya untuk memperbaikinya ataupun memohon ampunan kepada Allah, maka hidupnya penuh dengan kesulitan. kemaksiatan adalah kegelapan yang terdapat dalam diri seseorang yang melakukannya, jika tidak diterangi dengan cahaya ketaatan maka hidupnya akan mengalami kesulitan.

Ilustrasi menggunjing, Sumber : islampos.com
Ilustrasi menggunjing, Sumber : islampos.com

4. Maksiat Menjauhkan Diri dari Allah SWT

Allah memerintahkan manusia untuk berbuat baik dengan menjauhi segala larangan-Nya. Namun apa jadinya jika apa yang telah dilarang oleh Allah malah didekati oleh manusi. Tentu saja akan menjauhkan diri dari Allah SWT, karena malah mendekati apa yang telah dilarang oleh Allah. Berbeda dengan orang yang menjauhi larangan Allah akan selalu dekat dengan-Nya.

Baca juga : Ketahui Tanda Kematian Sebelum Kematian Itu Tiba

5. Terus-menerus Melakukan Dosa

Apabila seseorang telah terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan dan tidak berusaha untuk bertobat, maka ia akan terus-menerus melakukan dosa. Jika dibiarkan saja maka orang tersebut akan menganggap dosa yang telah ia perbuat dengan remeh. Sehingga orang tersebut tidak akan ragu untuk melakukan kemaksiatan-kemaksiatan yang lain karena menganggap remeh dosa.

6. Hati dan Tubuh Melemah

Salah satu kekuatan diri manusia terpancar melalui hatinya yang baik. Namun jika hatinya melemah maka tubuhpun ikut melemah. Itulah yang akan dirasakan oleh orang-orang yang senang melakukan kemaksiatan. Rasa sepi dan kosong dalam hati yang jauh dari Allah tersebutlah yang dapat melemahkan hati seseorang, sehingga merasa bahwa hidupnya tidak terarah.

Lemah hati inilah yang membuat manusia cenderung semakin melakukan kemaksiatan ketimbang bertobat. Karena hatinya sudah tertutup oleh hal-hal maksiat yang mendorongnya menghindari perbuatan baik lainnya.

Ilustrasi meminum minuman beralkohol, Sumber : ydsf.org
Ilustrasi meminum minuman beralkohol, Sumber : ydsf.org

7. Menjauhkan dari Golongan Orang Baik

Akibat dari berbuat maksiat selanjutnya adalah dapat menjauhkan diri dari golongan orang yang baik dan bertakwa. Lingkungan yang baik akan memberikan manfaat yang baik pula kepada setiap individu yang ada di dalamnya. Ketika seseorang yang berbuat maksiat tidak dekat dengan golongan orang baik, maka ia akan terus berkecimpung di golongan orang-orang yang juga melakukan maksiat.

Itulah artikel mengenai akibat yang didapat oleh seseorang apabila berbuat maksiat. Sedikit tambahan informasi untuk Anda yang membutuhkan berbagai alat kepengurusan jenazah seperti keranda mayat stainless dapat menghubungi Rajane Keranda. Informasi mengenai harga keranda mayat, Anda bisa mengakses laman website kami untuk melihatnya.

Ikuti berbagai informasi yang kami bagikan mengenai kematian dan alat kepengurusan jenazah lainnya. Anda bisa membaca berbagai artikel yang telah kami bagikan seperti bagaimana mempersiapkan kematian bagi seorang muslim dan yang lainnya. Nantikan artikel dari kami selanjutnya ya!

Berkabung? Inilah Bunga yang Identik dengan Kematian

Saat seseorang meninggal dunia, berbagai persiapan dilakukan keluarga dan orang-orang tercinta untuk mengiringi kepergiannya. Memandikan, mengkafani, menyolatkan, serta menyiapkan tempat kubur jenazah yang layak juga segenap aksesorisnya dilakukan oleh keluarga tersayang. Salah satunya ialah menyiapkan bunga-bunga yang identik dengan kematian.

Setiap bunga memiliki maknanya masing-masing, karena itulah bunga biasa digunakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Rasa cinta, rasa iba, simpati, bahagia, kesedihan luka mendalam, semua dapat diungkapkan hanya dengan setangkai bunga yang tepat. Maka dari itu pemilihan bunga pada suatu agenda perlu disesuaikan dengan perasaan apa yang hendak disampaikan.

Begitu pula dengan bunga-bunga yang digunakan untuk mengiringi keranda mayat jenazah. Ada bunga-bunga yang memang melambangkan rasa duka mendalam, kesendirian, sehingga sangat tepat sebagai bunga untuk menghiasi tempat peristirahatan terakhir seseorang.

banner promo bulan september diskon tempat pemandian jenazah dari keranda jenazah stainless

Bunga yang Identik dengan Kematian

Berikut rangkuman beberapa bunga yang identik dengan kematian:

1. Bunga Mawar

Mawar termasuk Bunga yang Identik dengan Kematian. Sumber unsplash.com @seththr
Mawar termasuk Bunga yang Identik dengan Kematian. Sumber unsplash.com @seththr

Selain menjadi lambang rasa cinta dan kasih sayang, bunga mawar ternyata juga dapat dipakai sebagai ungkapan rasa duka yang mendalam. Apabila Anda ingin menggunakan bunga ini untuk mengiringi kepergian seseorang, Anda dapat mengkombinasikan antara mawar merah dan mawar putih. Dengan rangkaian kedua jenis mawar ini, akan memiliki makna mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan.

Dalam rangkaian bunga tersebut, mawar putih akan mewakili perasaan sedih mendalam serta penghormatan untuk seseorang yang pergi selamanya. Sedang mawar merah melambangkan arti semangat, guna memberikan semangat kepada orang-orang yang ditinggalkan supaya tetap kuat dan tabah menghadapi kerasnya hidup tanpa orang yang dicintainya.

2. Bunga Anyelir Putih

Bunga yang identik dengan kematian berikutnya ialah bunga anyelir. Anyelir sendiri sudah tidak asing lagi digunakan untuk mewakili perasaan duka cita. Namun perlu diketahui, bunga anyelir memiliki beragam warna berbeda-beda, yang kesemuanya memiliki makna berbeda-beda. Untuk jenis anyelir yang digunakan sebagai simbol kesedihan untuk orang meninggal merupakan bunga anyelir putih.

Anyelir putih dikenal sebagai lambang ketulusan dan kesucian, sehingga biasa dipakai untuk menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga jenazah. Biasanya bunga ini dirangkai dalam bentuk buket indah nan menawan. Orang Kristen dan Katolik biasa menggunakan anyelir merah karena dipercaya merupakan air mata Bunda Maria.

3. Bunga Lily Putih

Bunga lily setidaknya punya kesamaan dengan bunga mawar, karena sama-sama digunakan untuk menyampaikan perasaan cinta. Namun ketika ada seseorang meninggal, tidak jarang bunga ini digunakan untuk mengungkapkan rasa empati yang amat mendalam.

Biasanya jenis yang digunakan sebagai pengiring kepergian seseorang ialah jenis lily yang berwarna putih, karena diketahui merupakan lambang kepolosan dan kesucian jiwa, kemurnian serta keagungan yang dimilikinya. Di daerah Eropa dan Amerika, bunga ini merupakan bunga yang umum digunakan oleh setiap rumah pemakaman. Sampai aroma lily dijadikan aroma khas pemakaman oleh beberapa produsen parfum disana.

Lily Putih Lambang Kepolosan. Sumber unsplash.com. Salah Satu Bunga yang Identik dengan Kematian @sera_fima
Lily Putih Lambang Kepolosan. Sumber unsplash.com @sera_fima

4. Bunga Gladiol

Bunga yang identik dengan kematian berikutnya yaitu bunga gladiol. Meski namanya terdengar asing, namun bunga ini juga biasa digunakan sebagai bunga duka cita. Gladiol termasuk jenis bunga ayelir yang paling tua. Memiliki ciri batang bunga yang menjulang tinggi, terdiri dari bunga-bunga yang tingginya bisa sampai ketinggian 4 kaki.

Pada zaman dahulu masyarakat romawi kuno sering menggunakan bunga gladiol untuk penghormatan kepada orang yang telah meninggal. Makna kehormatan, ketulusan serta intergitas moral semuanya terkandung dalam setangkai bunga gladiol. Tak heran bunga ini dapat ditemui di pemakaman orang-orang besar yang disegani seperti para bangsawan dan pahlawan negeri.

Bunga gladiol mempunyai banyak sekali warna seperti oranye, merah, kuning, hijau, putih, merah muda, ungu dan sebagainya.

5. Bunga Kamboja

Kamboja merupakan salah satu bunga yang identik dengan kematian. Di Indonesia dan Filipina bunga ini akan sering dijumpai disekitar kompleks pemakaman, berbeda dengan Jepang yang menanam kamboja di tempat kuburan.

Tanaman kamboja memiliki bentuk yang kecil dengan daun tebal namun sedikit. Wangi bunga kamboja amat khas, memiliki mahkota putih serta merah keunguan yang berjumlah lima helai. Batang dan daun yang unik pada kamboja biasa dipakai untuk menandai bahwa terdapat pemakaman. Meski sering dikaitkan terhadap hal-hal mistis lainnya, bunga kamboja tetap indah dan memesona.

Untuk Anda yang ingin mengiringi kepergian seseorang menuju tempat peristirahatan terakhir, kamboja menjadi bunga yang cocok menghiasi pemakaman orang yang meninggal.

6. Bunga Marigold

Bunga marigold biasa digunakan masyarakat Meksiko sebagai tanaman yang menemani nisan seseorang yang telah meninggal dunia. Tak heran orang-orang meksiko menyebut marigold sebagai sempasuchil, atau dalam bahasa Meksiko yaitu ‘flor de muertos’ yang berarti bunga kematian.

Tidak hanya itu, marigold juga seringkali digunakan sebagai hiasan saat diadakannya festival kematian yang diadakan setiap tahun di Meksiko, yang dikenal sebagai festival Dia de los Muertos.

7. Bunga Krisan

Krisan Salah Satu Bunga yang Identik dengan Kematian. Sumber: unsplash.com @gidlark
Krisan Salah Satu Bunga yang Identik dengan Kematian. Sumber: unsplash.com @gidlark

Bunga yang identik dengan kematian berikutnya ialah bunga krisan. Bunga yang biasa disebut dengan serunai ini sering dijadikan tanaman hias untuk membuat halaman semakin indah dan menawan. Meski begitu bunga krisan juga digunakan untuk mengungkapkan rasa duka saat acara pemakaman.

Memiliki makna yang bervariasi menjadikan bunga krisan unik dan khas disetiap daerah. Di Jepang, Korea juga China, krisan putih disimbolkan sebagai kesedihan dan ratapan tidak berdaya. Sedang krisan di Amerika dan Eropa memiliki makna lain, yaitu sebagai arti kehormatan dan rasa simpati.

Bahkan di Jepang sendiri krisan merupakan sebuah bunga nasional yang dalam bahasa Jepang disebut dengan ‘kiku‘.

Itulah rangkuman beberapa bunga yang identik dengan kematian. Anda dapat mengiringi keranda mayat stainless berkualitas dengan berbagai bunga pilihan sesuai dengan rasa apa yang ingin Anda ungkapkan. Semoga bermanfaat.

Cantik Tapi di Kuburan? Kenali Jenis Tanaman Hias Ini!

Tanaman hias kuburan, Sumber : ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Tanaman Hias Kuburan – Saat ini berbagai tanaman hias mulai populer kembali dikalangan masyarakat, khususnya ibu-ibu. Yaps, ada berbagai jenis tanaman cantik yang siap mengambil hati pecinta tanaman. Namun siapa sangka, bahwa tanaman hias yang cantik hanya ditemukan di taman rumah saja? Nyatanya banyak tanaman hias yang cantik dapat anda temui di makam loh.

Walaupun area yang satu ini termasuk tempat yang tidak umum dikunjungi manusia, namun memiliki keindahan tersendiri untuk tanamannya. Banyak sekali tanaman hias yang cantik tumbuh disekitar area makam atau kuburan. Biasanya apabila anda datang ke makam, yang anda bayangkan hanyalah hal-hal mistis saja. Oleh sebab itu, anda terlewatkan melihat berbagai jenis tanaman hias yang cantik.

Tidak dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang menganggap kuburan adalah tempat yang menyeramkan dan kental akan unsur mistis. Terdapat beberapa perlengkapan yang berhubungan dengan jenazah, misalnya saja keranda mayat. Namun semua itu hanyalah asumsi dari masyarakat saja yang mengaitkannya dengan hal-hal yang mistik.

Tanaman hias kuburan, Sumber : ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com
Tanaman hias kuburan, Sumber : ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Sebenarnya makam dapat dijadikan sebagai pengingat bagi manusia bahwa kematian itu nyata. Dengan begitu manusia akan paham bahwasannya semua makhluk yang hidup akan kembali pada sang Pencipta. Keranda mayat juga bukanlah sesuatu hal yang menakutkan, anda bisa menjadikannya sebagai pengingat kematian.

Biasanya anda dapat menjumpai keranda tersebut diarea makam atau masjid. Untuk masyarakat yang bertugas untuk mengurus jenazah, biasanya lebih memilih menggunakan keranda yang terbuat dari stainless steel karena dinilai lebih awet. Harga keranda mayat stainless ini juga cukup terjangkau, padahal memiliki kelebihan yang tahan akan karat.

Kembali lagi ke tanaman hias, tanaman hias memiliki 2 tipe yakni tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Tanaman hias daun memiliki warna serta keunikan pada bentuk daun, sehingga terlihat lebih indah dan eksotis. Sedangkan tanaman hias bunga dapat menghasilkan bunga yang bentuk, warna, ukuran, serta aroma yang unik dan tentu saja memukau.

Jenis Tanaman Hias di Makam

Ada berbagai jenis tanaman hias kuburan yang perlu anda ketahui, walaupun berada di tempat yang tidak umum dan dianggap menyeramkan, namun tanaman ini tetap dapat memancarkan keindahannya. Apabila di pandang mata, oleh sebab itu kami telah merangkumkannya khusus untuk anda pecinta tanaman hias.

1. Tanaman Kamboja

Tanaman yang satu ini memang merupakan salah satu ciri khas dari sebuah kuburan. Hampir semua kuburan terdapat tanaman hias yang satu ini. Tanaman kamboja merupakan jenis tanaman hias bunga yang sangat mudah tumbuh. Untuk menanamnya juga cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan stek bagian batangnya yang tidak terlalu muda atau tua.

Kunjungi Toko Mebel Jogja

Setelah itu runcingkan bagian dasar batang, kemudian anda bisa menancapkan pada area kuburan atau taman rumah. Biasanya kelopak bunga kamboja ini sering berjatuhan di tanah, yang dapat memberikan bau wangi pada pusara di kuburan.

Kamboja memiliki warna yang cukup bervariasi namun yang paling identik dengan pemakaman adalah bunga yang memiliki warna kuning. Biasanya disebut sebagai kamboja Bali, alasannya karena bunga kamboja ini biasanya juga dikenakan oleh masyarakat wanita di Bali saat melakukan sembahyang di Pura.

Tanaman kamboja, Sumber : kibrispdr.org
Tanaman kamboja, Sumber : kibrispdr.org

2. Tanaman Melati

Melati memiliki ciri khas wangi yang unik, hingga dikenal oleh masyarakat umum bahwa wangi dari bunga melati tersebut memiliki hubungan dengan keberadaan makhluk gaib. Biasanya tanaman ini disangkut pautkan dengan hal-hal yang berbau mistis lainnya.

Untuk cara menanam tanaman hias ini cukup mudah, anda hanya menggunakan stek batang saja yang pastinya bisa anda temukan pada batang bunga melati yang usianya sudah cukup. Pilihlah stek yang tidak terlalu tua maupun muda agar pertumbuhannya dapat tumbuh dengan maksimal.

Bunga melati, Sumber : lifestyle.kompas.com
Bunga melati, Sumber : lifestyle.kompas.com

3. Tanaman Kantil

Tanaman bunga berikutnya yang dapat anda jumpai di area pemakaman adalah bunga kantil. Untuk sebagian orang, bunga Kantil ini sering disebut dengan cempaka. Tanaman yang satu ini merupakan jenis bunga yang mudah dan sering anda temui di sekitar lingkungan pemakaman atau kuburan.

Sama halnya dengan melati, bunga kantil ini juga memiliki bau dan aroma khas dan unik yang kerap kali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis atau berhubungan dengan makhluk gaib. Apabila anda ingin menanam bunga kantil ini juga cukup mudah, anda hanya perlu menanam anakkan dari bunganya saja. Biasanya anakkan ini dapat anda jumpai tumbuh disekitar tanaman induknya.

Anda cukup memindahkan anakkan tanaman tersebut di area yang anda inginkan, namun memiliki luas yang cukup lebar. Karena nantinya tanaman kantil ini akan tumbuh menjulang tinggi, serta memiliki batang yang berukuran cukup besar dan daun yang rimbun. Jadi pastikan area yang ingin anda tanami kantil memiliki lahan yang cukup luas ya.

Tanaman kantil, Sumber : boombastis.com
Tanaman kantil, Sumber : boombastis.com

4. Tanaman Sedap Malam

Tanaman hias selanjutnya adalah tanaman sedap malam, biasanya bunga dari sedap malam ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Namun anda juga bisa menjumpai jenis tanaman ini di area sekitar kuburan atau pemakaman.

Bunga sedap malam ini memiliki aroma yang cukup kuat dan harumnya dapat memberikan efek menenangkan kepada siapa saja yang menghirupnya. Oleh sebab itu biasa tanaman ini digunakan di pemakaman, dengan tujuan supaya dapat memberikan efek yang menenangkan bagi orang-orang yang sedang berduka.

Tanaman sedap malam, Sumber : hortikultura.litbang.pertanian.go.id
Tanaman sedap malam, Sumber : hortikultura.litbang.pertanian.go.id

5. Bunga Lily

Tanaman hias selanjutnya yang dapat anda jumpai di area pemakaman adalah bunga lily. Walaupun di Indonesia sendiri tanaman bunga lily ini belum terlalu umum, namun berbeda dengan daerah yang ada di negara maju seperti Eropa. Di Eropa setiap lokasi yang ada di pemakaman hampir semua tempat, dapat anda jumpai jenis tanaman ini.

Tanaman bunga lily, Sumber : outerbloom.com
Tanaman bunga lily, Sumber : outerbloom.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanaman hias di kuburan. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda. Anda juga dapat menemukan informasi lain seputar makna dibalik mimpi keranda jenazah atau informasi lainnya yang dapat anda akses pada laman website kami.

Mimpi Keranda Jenazah! Ada Apa Dibaliknya?

Mimpi keranda jenazah sering dikaitkan dengan pertanda akan ada sesuatu yang datang di masa depan. Mimpi memiliki sensasi tersendiri dan sebagian orang merasa penasaran dibalik dari fenomena sebuah pengalaman tidur, berupa mimpi keranda mayat tersebut. Meskipun sebenarnya mimpi hanyalah suatu ekspresi dari keinginan yang tidak disadari. Mungkin Anda pernah mengalami mimpi yang berkaitan dengan keranda atau jenazah?

Memgalami mimpi tentang jenazah tentunya akan membuat bulu kuduk Anda berdiri. Mimpi ini akan memberikan kesan sangat menakutkan dan dapat membuat orang yang mengalaminya selalu terbayang-bayang. Mimpi jenazah sering dikaitkan dengan berbagai macam hal yang bersifat mistis dan negatif. Padahal hal itu bisa juga di artikan hanya sebagai bunga tidur saja.

Padahal hal tersebut belum tentu terbukti kebenarannya. Meskipun bersifat negatif, namun mimpi bertemu dengan keranda atau jenazah ada juga yang mengandung pertanda baik. Semua itu bergantung dari penilaian orang dan pribadi diri kita masing-masing atau tepatnya orang yang mengalami mimpi tersbut.

Arti Mimpi Keranda Jenazah

Apa sajakah arti yang terkandung dibalik mimpi bertemu keranda jenazah. Berikut ini kumpulan tafsir mimpi tentang jenazah yang dapat Anda dalami dan diambil pelajaran berharga darinya.

Mimpi jenazah sering dikaitkan dengan berbagai macam hal yang bersifat mistis dan negatif. Padahal hal itu bisa juga di artikan hanya sebagai bunga tidur saja.
Ilustrasi keranda jenazah, sumber: manado.tribunnews.com

Masalah Rumah Tangga

Bagi Anda yang pernah mengalami mimpi melihat keranda jenazah anggota sendiri, hal tersebut menggambarkan ada sebuah masalah yang akan terjadi di dalam rumah tangga Anda. Untuk itu, bagi Anda yang sudah berkeluarga alangkah baiknya perkara yang tengah terjadi di dalam rumah tangga Anda dibicarakan secara baik-baik dengan pasangan. Dengan itu semoga bisa mengantisipasi hal buruk yang terjadi.

Kesalahan Tidak Disadari

Apabila Anda mendapati mimpi melihat keranda jenazah sendiri, menurut primbom jawa menyatakan Anda akan melakukan sebuah kesalah yang tidak Anda sadari. Jika masalah tersebut Anda biarkan bisa menimbulkan sebuah fitnah dan menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri nantinya.

Akan Terkena Masalah

Jika Anda mengalami mimpi melihat banyak keranda jenazah, hal ini harus Anda waspadai. Karena mimpi seperti ini bisa jadi menandakan Anda akan tertimpa musibah atau masalah. Buruknya, masalah tersebut akan merembet ke keluarga Anda jika tidak segera di atasi.

Penurunan Kondisi Ekonomi

Pernahkan Anda mendapati mimpi melihat keranda jenazah bayi? Mimpi ini sering dialami banyak orang. Mimpi ini merupakan sebuah pertanda buruk bagi orang yang mengalaminya. Anda bisa jadi akan mengalami penurunan kondisi ekonomi. Jadi tetaplah berhati-hati dengan mimpi tersebut dan perbanyaklah doa agat tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Anda bisa jadi akan mengalami penurunan kondisi ekonomi. Jadi tetaplah berhati-hati dengan mimpi tersebut dan perbanyaklah doa agat tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Ilustrasi grafik ekonomi, sumber: riau.go.id

Masalah Besar

Mimpi menyaksikan keranda jenazah dan mayat yang sedang dikafani, itu adalah tanda keraguan yang ada di dalam diri Anda. Selain itu, mimpi ini juga bisa jadi melambangkan Anda akan ditimpa masalah besar. Masalah tersebut bahkan datangnya tanpa Anda sangka sebelumnya.

Penanda Kabar Baik

Arti mimpi melihat jenazah dalam keranda, menandakan sebuah kabar baik, yakni dalam waktu dekat ini Anda akan mendapatkan bantuan. Bantuan untuk menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi dan bisa segera menyelamatkan diri Anda.

Apalagi jika Anda memimpikan sedang mengangkat keranda jenazah, ini merupakan sebuah pertanda bagus. Anda akan mendapatkan sebuah keberuntungan. Mendapatkan rezeki yang sangat besar serta kelancaran dalam usaha. Hal ini tentu merupakan keinginan Anda bukan?

Mendapatkan Rezeki

Untuk Anda yang pernah mengalami mimpi melihat banyak keranda jenazah di rumah Anda. Tidak perlu takut, karena mimpi ini merupakan pertanda baik. Anda akan mendapatkan rezeki yang tidak Anda sangka sebelumnya. Semoga setiap mimpi kita benar-benar bisa menciptakan keajaiban semacam ini.

Jika Anda pernaah bermimpi membawa keranda jenazah ke makam, berarti Anda akan mendapatkan kebaikan. Karena hal tersebut merupakan sebuat perbuatan yang baik dan akan mendapatkan ganjaran kebaikan di masa yang akan datang.

Anda akan mendapatkan rezeki yang tidak Anda sangka sebelumnya. Semoga setiap mimpi kita benar-benar bisa menciptakan keajaiban semacam ini.
Ilustrasi uang, sumber: kerjausaha.com

Jika Anda pernah bermimpi membawa keranda jenazah ke makam itu artinya Anda akan mendapatkan pahala. Hal tersebut merupakan sebuah perbuatan yang baik dan tentunya akan mendapatkan kebaikan di masa yang akan datang.

Atau pernahkah Anda bermimpi menghirup aroma jenazah? Mimpi seperti ini merupakan sebuah pertanda kabar buruk. Anda akan mengalami kekecewaan untuk waktu yang cukup lama. Mimpi melihat jenazah yang hidup kembali menandakan akan terjadinya penurunana kondisi kesehatan Anda.

Mungkin bisa jadi akan terjatuh sakit dan buruknya musibah ini akan Anda rasakan dalam waktu yang lama. Ada baiknya untu mengantisipasi itu semua, Anda selalu menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan istirahat teratur serta perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan dijaga dari musibah.

Emosi dan Kehidupan

Bagi Anda yang mengalami mimpi bertemu jenazah yang mengambang di air, hal tersebut menunjukkan emosi dan juga kehidupan Anda. Mengalami mimpi ini memberikan isyarat kepada Anda untuk bersantai sejenak dari lelahnya aktifitas dunia. Mimpi melihat jenazah mengambang di air menggambarkan akan tengah lelah dalam menjalani kehidupan.

Demikianlah tulisan singkat mengenai mimpi keranda jenazah yang bisa kami paparkan untuk pembaca sekalian semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan menambah wawasan kita semua tentang makna mimpi yang kerap kali kita alami dalam tidur kita.

Jika Anda membutuhkan barang yang berkaitan dengan keranda jenazah, Anda bisa menjelajahi dan bertanya mengenai harga keranda mayat stainless. Mungkin barang ini kelihatan sepele dan tidak berarti, tapi keberadaannya sangat memudahkan aktifitas pemakaman jenazah.

Ketahui Tanda Kematian Sebelum Kematian Itu Tiba

Kematian bisa mendatangi kita kapan saja dan di mana saja. Tidak mudah heran jika ketika akhir dari hidupnya kebanyakan kondisi orang tidak di sangka-sangka bahkan oleh orang yang mendampingi. Terkadang muncul firasat dari teman, keluarga atau orang-orang terdekat tentang kematian seseorang. Ada beberapa tanda kematian yang dapat diketahui untuk membantu kita dalam mempersiapkan diri atau mewaspadai itu terjadi pada keluarga kita.

Kematian merupakan suatu hal yang pasti terjadi dan akan dihadapi semua makhluk hidup di dunia. Bila telah digariskan waktunya, siapapun, kapanpun da dimanapun tidak akan bisa melarikan diri dari datangnya kematian. Kebenaran tanda-tanda kematian yang beredar memang harus kita cermati dan dipahami lebih dalam sesuai dengan ajaran agama kita.

Ada beberap ayat dalam Al-Quran maupun dalam hadits Nabi SAW, dalam jangka waktu seratus hari sebelum datangnya kematian kita bisa mengetahui bahwa dalam jangka waktu itu kita atau orang tertentu akan segera menghadap kematiannya.

Tanda Kematian Telah Dekat

Kapan Kita mati? Ini menjadi pertanyaan besar bagi setiap orang dan belum terpecahkan atau menemui sebuah titik terang sebagai jawaban atasnya. Mengetahui tanda kematian memang begitu penting jika kita bisa mengerahuinya agar bisa sedini mungkin untuk menyiapkan diri dan bekal agar yang cukup untuk meyambut kedatangannya.

Mengetahui tanda kematian memang begitu penting jika kita bisa mengerahuinya agar bisa sedini mungkin untuk menyiapkan diri dan bekal agar yang cukup untuk meyambut kedatangannya.
Ilustrasi kematian, sumber: sehatq.com

Sering Tidur

Beberapa bulan sebelum akhir dari kehidupan, seseorang yang sekarat mungkin mulai tidur lebih sering dari biasanya. Di saat menjelang waktu kematian, metabolisme tubuh akan menurun. Sehingga tanpa pasokan energi alami yang stabil, kelelahan akan sering terjadi.

Untuk itu Anda bisa melakukan hal ini! biarkan tidur dan bantulah mereka menemukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Dorong mereka untuk bangun dari tempat tidur agar tidak menimbulkan luka. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya yang bisa Anda atau Kita lakukan ketika sudah mengetahui makna tanda kematian yang pertama.

Kurang Nafsu Makan

Kebutuhan pasokan energi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hak ini disebabkan karena tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Makanan dan minuman terasa kurang dibutuhkan. Apabila seseorang yang sudah dekat dengan kematian mungkin tidak merasa tertarik dengan beberapa makanan favorit mereka. Beberapa saat sebelum kematian, seseorang yang Anda cintai mungkin berhenti makandan minum sama sekali.

Biarkanlah mereka di waktu terakhir kehidupannya makan saat sudah lapar. Hidrasi itu penting, jadi tawarkan kepada mereka untuk minum. Rendam waslap dengan air dingin dan gunakan untuk menepuk bibir mereka. Saat mereka berhenti minum sama sekali, jaga agar kulit halus di sekitar bibir mereka tetap lembap dengan lip balm ya gengs.

Kebutuhan pasokan energi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hak ini disebabkan karena tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.
Ilustrasi kurang nafsu makan, sumber: cnnindonesia.com

Kerap Berujlah (Menyendiri)

Sering kali seseorang yang sekarat perlahan-lahan menarik diri dari aktifitas dan orang yang mereka cintai. Hal ini merupakan fakta alami dari perubahan energi, serta keinginan untuk melindungi hati dan jam terakhir mereka. Mengasingkan diri bukan berarti seseorang tidak menikmati kebersamaannya bersama dengan orang yang mereka cintai.

Baca juga: Sejarah keranda mayat! Kamu harus tahu!

Izinkan teman dan keluarganya berkunjung saat dirinya merasa nyaman. Beberapa orang tidak ingin membiarkan orang lain melihat dirinya sekarat atau dalam kondisi yang mengenaskan. Jadi, mereka akan mengasingkan diri di hari-hari terakhir mereka

Tanda-Tanda Vital

Tekanan darah akan menutun saat tanda kematian itu sangat dekat. Perubahan pernapasan menjadi lebih jelas, dan detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi. Di saat tekanan daran turun, ginjal akan berhenti bekerja. Urin akan berubah menjadi warna cokelat atau karat.

Rasa Sakit

Intensitas rasa sakit kemungkinan akan meningkat di saat seseorang semakin dekat degan kematian. Tidak jarang seseorang menunjukan tanda kematian melalui rasa sakit. Tanda ini termasuak meringis, mengerang atau cemberut. Kebanyakan nyeri dapat diobati.

Intensitas rasa sakit kemungkinan akan meningkat di saat seseorang semakin dekat degan kematian. Tidak jarang seseorang menunjukan tanda kematian melalui rasa sakit.
Ilustrasi rasa sakit, sumber: trirbunnews.com

Tetapi ini mungkin mengharuskan mereka untuk berada di rumah sakit atau fasilitas perawatan. Orang yang sekarat mungkin berhenti bisa menelan asupan makanan, jadi jalur intravena mungkin diperlukan untuk memberikan obat nyeri. Obat ini harus diberikan di rumah sakit

Sulit Bernapas

Kondisi ini adalah tanda yang perlu di khawatirkan bagi banyak orang saat duduk dengan seseorang yang sedang sekarat. Fluktuasi pernapasan ini termsauk dalam perubahan pernapasan seperti napas tiba-tiba atau rentang waktu yang lama di antara tarikan napas.

Meskipun sesak napas mungkin tampak menyakitkan atau menjadi masalah, mereka yang sedang sekarat mungkin tidak menyadari apa yang terjadi. Beberapa obat pereda nyeri dapat membuat pernapasan lebih mudah, jadi bicarakan dengan dokter tentang cara yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk atau gangguan pada pernapasan.

Suhu Tubuh Menurun

Sirkulasi darah menarik ke dalam menuju organ vital saat hari-hari terakhir. Situasi tersebut berarti sirkulasi darah di tempat-tempat seperti tangan, kaki, dan tungkai sangat berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kulit dan anggota tubuh terasa dingin saat disentuh. Kulit juga mungkin tampak pucat.

Pada akhirnya, sirkulasi yang berkurang dapat menyebabkan kulit kelihatan bintik biru atau ungu. Meskipun kulit atau anggota tubuh terasa dingin jika disentuh seseorang yang mendekati kematian mungkin tidak kedinginan. Jika merasa kedinginan, biarkan selimut yang dapat membantu menghangatkannya.

Meskipun kulit atau anggota tubuh terasa dingin jika disentuh seseorang yang mendekati kematian mungkin tidak kedinginan. Jika merasa kedinginan, biarkan selimut yang dapat membantu menghangatkannya.
Ilustrasi suhu tubuh, sumber: klikdokter.com

Mengalami Kebingungan

Walaupun semua organ atau bagian tubuh mulai mengalami penurunan fungsi, namun tidak demikian dengan otak. Otak tetap sangat aktif selama fase menuju kematian. Namun, tidak jarang orang yang sedang sekarat mengalami saat-saat kebingungan atau tidak koheren. Beberapa orang mungkin menjadi gelisah dan agresif jika mereka tidak tahu di mana mereka berada atau apa yang sedang terjadi dengan dirinya.

Tetaplah tenang dan bicaralah dengan pelan, yakinkan mereka bahwa Anda ada di sana untuk mengurusnya. Pastikan memberi tahu siapa diri Anda saat mulai berbicara dan perkenalkan setiap orang baru yang duduk bersama mereka. Otak mereka masih bekerja, meskipun sepertinya mereka sedang tidur.

Demikian artikel berkaitan dengan tanda kematian pada segmentasi kali ini, semoga tulisan singkat ini bisa digunakan sebagai bahan untuk introspeksi diri dan mebawa perubahan pada diri kita untuk bersegera menjalankan perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT agar dalam setiap kondisi kita senantiasa sudah sip untuk menghadapi dan menyambut kedatangannya.