Informasi Penting dan Menarik Seputar Ambulance

Ambulance adalah kendaraan yang memiliki hak khusus saat melintas di jalan raya. Ada berbagai hal seputar ambulance yang mungkin menarik diketahui salah satunya adalah tulisan AMBULANCE yang dibuat terbalik. Selain itu, sejarah kendaraan yang satu ini juga merupakan salah satu peristiwa yang sudah lampau.

Jika mengetahui informasi serta faktanya, ternyata kendaraan ini merupakan salah satu sarana penting yang harus ada di masa-masa sekarang ini. Sudahkah kita mengetahui apa saja fungsi atau manfaat dari kendaraan medis ini? Nah, berikut beberapa informasi seputar kendaraan medis yang satu ini.

Sejarah Ambulance

Kebutuhan akan transportasi untuk mengangkut dan memberikan pertolongan medis ternyata sudah terjadi sejak lama bahkan sebelum keberadaan transportasi bermotor seperti mobil dan yang sejenisnya. Lantas, bagaimana mungkin ambulance yang kita kenal kendaraan ini sudah ada meskipun belum terdapat kendaraan bermesin?

Dilansir dari wikipedia, sejarah ambulance dimulai dari abad ke-11. Masa ini adalah masa perang salib yang menjadikan pertolongan medis sangat penting karena kondisinya. Adalah Knights of St John menerima pengajaran dalam perawatan pertolongan pertama dari dokter Arab dan Yunani. The Knights of St John kemudian bertindak sebagai pekerja darurat pertama, mengobati tentara di kedua sisi perang di medan perang dan membawa yang terluka ke tenda terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Petugas Medis Ambulans, sumber Healthline
Petugas Medis Ambulans, sumber Healthline

Meskipun belum menggunakan kendaraan bermotor, namun aktivitas perawatan secara langsung dan mengangkut yang terluka ini merepresentasikan gagasan mengenai ambulance untuk pertama kalinya. Selanjutnya memang konsep layanan ambulans dimulai di Eropa juga oleh Knights of St John sehingga pada pasukan perang terdapat prajurit khusus medis dengan tugas tersebut.

Jadi, tenaga yang bekerja pada ambulans bukan hanya sekedar memiliki pengetahuan pengobatan medis sebagaimana biasanya. namun juga harus mampu melakukan upaya penyelamatan dengan cepat di tempat kejadian atau membawa yang terluka dengan cepat ke fasilitas pengobatan terdekat.

Dokter bedah dari French Army Grand, Baron Dominiquie Larrey menciptakan korps khusus medis yang official pertama kali pada tahun 1972. Tenaga terlatih lengkap dengan peralatan bergerak keluar dari rumah sakit untuk memberikan pertolongan pertama kepada prajurit yang terluka dan atau membawa mereka kembali dengan tandu, dan gerobak ke rumah sakit.

Ambulans yang telah dilengkapi dengan mesin telah digunakan sejak awal abad ke-20. Pada tahun 1950-an Amerika Serikat dipelopori dengan helikopter-ambulans selama Perang Korea. Pada tahun 1968, St Vincent’s Hospital di New York City memulai mobile pertama unit perawatan koroner.

Di Indonesia, Ambulans biasanya berasal dari macam-macam instansi, seperti Ambulans Rumah sakit pemerintah atau swasta, Ambulans Paramedis, Ambulans PMI, Ambulans Puskesmas, Ambulans Pemadam kebakaran, Ambulans Klinik, dan Ambulans SAR/Basarnas. Di negara-negara maju bahkan ada Ambulans Helikopter dan Ambulans Pesawat untuk umum.

Tulisan “AMBULANCE” yang terbalik di depan kendaraan ini tujuanya agar pengemudi kendaraan didepan ambulans bisa membaca tulisan “Ambulance” dari kaca spion untuk bisa memberi laluan di jalan.

Tulisan Ambulance, sumber
Tulisan Ambulance, sumber Grid Oto

Kendaraan ini merupakan salah satu prioritas di lalu lintas selain Pemadam kebakaran yang memiliki hak untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, melawan arah, dan melalui lajur bahu jalan. Sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Perlalulintasan bahwa kendaraan seperti Ambulans dan kendaraan gawat darurat yang lainnya harus diberi kenyamanan dan diberi lintasan untuk di jalan raya guna menyelamatkan nyawa.

Hak Istimewa Ambulance

Dengan fungsinya yang penting, maka kendaraan ambulance memiliki hak istimewa pada lalu lintas perjalanan. Bagi siapa saja yang sering berkendara, mengetahui hak istimewa ini bisa memberikan manfaat bahkan bisa memberikan kontribusi untuk menyelamatkan nyawa. Nah, apa hak istimewa dari ambulans?

Sebagaimana diatur dalam Pasal 134 UULLAJ jo Pasal 65 ayat (1) PP 43/1993, terdapat pedoman lalu lintas untuk kendaraan khusus salah satunya adalah ambulans. Dari penjelasan yang didapat berdasarkan aturan tersebut, diprioritaskan kendaraan-kendaraan yang telah disebut untuk diberi laluan aman dan cepat di jalan raya. Ketentuannya yaitu:

Ambulans, Pemadam Kebakaran, dan Kendaraan Polisi yang sedang membunyikan sirene dan lampu-lampu di jalanan wajib diberi jalan dan lintasan aman guna sampai pada tujuan dengan selamat, di mana pengemudi lainya harus minggir ataupun berhenti di tepi jalan dan beri laluan aman.

Ketiga kendaraan darurat tersebut mempunyai keistimewaan untuk bisa melanggar rambu-rambu lalulintas seperti melawan arus lalu-lintas, menerobos lampu merah, melewati jalur busway, dll pada kondisi darurat dan tidak boleh di ganggu oleh pengemudi lainya.

Seluruh pengemudi lalu-lintas yang melihat dan mendengar sirene atau lampu-lampu dari kendaraan darurat tersebut wajib berusaha memberi jalan walaupun pada kondisi kemacetan lalulintas. Jika tidak memungkinkan, pengemudi wajib berusaha semaksimal mungkin untuk minggir dan memberi jalan.

Dilarang keras menghadang, mengabaikan, dan mengganggu perjalanan ketiga kendaraan darurat tersebut dalam melaksanakan tugas untuk menyelamatkan nyawa.

Selain keperluan tertentu, dilarang membuntuti atau mengikuti ketiga kendaraan darurat tersebut dalam melaksanakan tugas guna melewati kemacetan atau cari jalan cepat, karena dapat membahayakan dan menyelakai kendaraan darurat tersebut jika terjadi rem mendadak, dll.

karoseri ambulance
Karoseri Ambulans, sumber Distributor Keranda Mayat

Modifikasi Kendaraan

Saat ini ambulance memang identik dengan kendaraan dengan tanda lampu khusus dan sirine. Pada negara-negara yang padat penduduk, kebutuhan akan fasilitas medis yang satu ini memang tinggi. Karena itu, terdapat layanan modifikasi kendaraan untuk dijadikan kendaraan medis yang satu ini.

Modifikasi ambulans standar distributor keranda mayat mempunyai 3 jenis diantaranya :

1. Ambulan Jenazah

Ambulan ini akan dipasang Sticker, lampu khusus, dan klakson dilengkapi dengan 1 keranda yang sudah dipasang sefty belt didalamnya, Ambulan ini memerlukan 1-2 hari untuk pengerjaannya,

2. Ambulan Medis + Jenazah

Ambulan Medis tidak berbeda jauh dengan ambulan jenazah, hanya saja, ambulan ini dilengkapi dengan stretcher untuk keperluan medis, berguna untuk memudahkan mengangkat dan memasukan korban pada mobil tanpa melukainya, untuk pengerjaan ambulan ini biasanya hanya memakan waktu 2-4 hari.

3. Ambulan Khusus

Ambulan khusus adalah ambulan yang di modif dan memiliki peralatan medis yang lengkap, dari mulai laci/lemari obat, tirai dan ruang khusus, dan masih bnyak lagi peralatan lainnya, untuk pengerjaannya ambulan ini memerlukan waktu 5-7 hari.

Itu dia berbagai informasi seputar ambulans yang menarik dan bermanfaat untuk diketahui. Untuk pemesanan modifikasi ambulans, keranda dan berbagai alat pengurusan jenazah, silahkan kunjungi halaman di website ini. Terimakasih atas kunjungannya, nantikan berbagai ulasan menarik lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.