Set Paket Lengkap Alat Pengurusan Jenazah

Mengurus jenazah adalah fardhu kifayah bagi umat muslim. Kewajiban ini terkadang terkendala sarana. Meskipun begitu, karena merupakan fardhu, perlu tetap diupayakan agar terlaksana dan tuntas. Nah, saat ini terdapat paket alat pengurusan jenazah lengkap.

Dalam melaksanakan kewajiban, termasuk mengurus jenazah sebenarnya diperbolehkan menggunakan sarana yang bagus. Apalagi jika sarana ini dapat memperlancar kegiatan pelaksanaan sehingga dapat diselesaikan oleh sedikit orang dalam waktu yang singkat. Nah, apa saja sarana yang menjadi paket alat pengurusan jenazah?

Paket Alat Pengurusan Jenazah

Untuk memperlancar pengurusan jenazah, saat ini lembaga seperti masjid atau desa memesan paket alat pengurusan jenazah. Salah satu kegiatan kemasyarakat yakni pengurusan jenazah memang menjadi tanggung jawab masjid atau desa karena merupakan bagian dari kehidupan bermasyarakat. Karena itu, biasanya lembaga masyarakat ini memesan paket alat pengurusan jenazah lengkap. Berikut isi paketnya!

Tempat Pemandian Jenazah
Bak Pemandian Stainless, sumber : Distributor Keranda Mayat

Pemandian Jenazah

Pemandian jenazah biasanya menjadi yang pertama dibutuhkan. Karena jenazah wajib dimandikan sebelum dilakukan tahapan lainnya dalam pengurusan jenazah. Biasanya, tempat pemandian jenazah yang cukup luas menjadi kebutuhannya. Meja yang biasa digunakan tidak cukup mumpuni sehingga dibuatlah tempat pemandian jenazah.

Apa kelebihan dari tempat pemandian jenazah produk distributor keranda mayat? Dibuat dari bahan stainless steel serta dilengkapi dengan roda untuk membuat tempat pemandian mudah dipindahkan serta terdapat sistem aliran air dan bantalan yang menjadi alas jenazah saat dimandikan, alat ini lebih mumpuni dan dapat memudahkan kegiatan pemandian jenazah.

Pemandian jenazah ini cukup tinggi dengan roda 4 inch sejumlah 2 di bagian depat dan 2 dibagian belakang. Kaki penyangga alat pemandian ini bisa dilipat untuk memudahkannya saat disimpan. Pada bak pemandian terdapat silikon untuk mengarahkan aliran pembuangan air saat memandikan jenazah. Kemudian terdapat pipa 2 inch, panjang 8 cm yang dihubungkan dengan selang panjang 5 m, panjang selang sangat ideal untuk menyalurkan air ketempat pembuangan.

Bantalan untuk pemandian jenazah digunakan sebagai media bersandar/tatakan untuk jenazah saat dimandikan, masyarakat tradisional umumnya menggunakan pohon pisang sekali pakai atau menggunakan papan sebagai bantalan pemandian. Nah, produk distributor keranda mayat yang satu ini dibuat dari bahan busa yang lebih baik daripada papan dan pohon pisang.

Keranda Jenazah

Setelah pemandian jenazah, alat selanjutnya yang dibutuhkan dalam satu paket alat pengurusan jenazah adalah keranda jenazah. Alat ini yang paling umum diketahui oleh masyarakat yang fungsinya adalah untuk memindahkan jenazah dari satu tempat ke tempat lainnya termasuk mengantarkan jenazah ke pemakaman.

keranda mayat
Mencuci Keranda Mayat, sumber : Distributor Keranda Mayat

Saat ini terdapat beberapa jenis keranda mayat yang lumrah digunakan. Yang paling lampau adalah keranda mayat yang dibuat dari bahan kayu. Meskipun begitu terdapat pula keranda mayat dari bahan besi serta dari stainless steel.

Keranda kayu sangat melegenda, menjadi salah satu budaya dan pelopor terciptanya keranda jenazah yang ada saat ini. Bahan kayu dulu sering digunakan sebagai media untuk mengurus jenazah seperti, meja kafan, meja memandikan dan lainnya.

Harga keranda kayu yang sangat ekonomis dan bahan yang terbilang ringan menjdi keunggulan produk berbahan kayu ini. Sementara itu kekurangan keranda kayu adalah kesulitan saat dirawat, terlebih suhu lembab atau air akan menyebabkan kayu berjamur dan rayap menjadikannya kropos dan rusak.

Sedangkan versi keranda selanjutnya ada terbuat dari bahan besi. Keranda besi sering digunakan di Indonesia sejak merdeka. Keranda besi tentu masih eksis hingga saat ini, dikarenakan harganya yang sangat ekonomis. Keunggulan keranda besi adalah kekuatannya yang bisa mengangkat beban lebih dari 300kg.

Keranda stainless adalah yang terbaru dan yang paling populer saat ini. Keranda dari stainless banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan dibanding bahan lainnya, diantaranya kuat, ringan, tahan lama dan tidak akan berkarat. Keranda ini juga dapat mengangkat beban hingga 300kg. Namun kekurangannya keranda ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibanding kedua bahan lainnya.

keranda mayat surabaya
Kereta Jenazah Masjid AlIkhlas Sidoarjo, sumber : Distributor Keranda Mayat

Kereta Jenazah

Selanjutnya adalah kereta jenazah. Mungkin sarana yang satu ini tidak terbilang sering dipakai namun ada kondisi dimana sebaiknya harus menggunakan kereta jenazah. Biasanya keranda jenazah dibawa oleh orang-orang dengan cara dipanggul untuk diantarkan ke area pemakaman. Kereta jenazah berfungsi untuk menggantikan cara ini.

Mengapa harus menggunakan kereta jenazah? Tidak selalu harus mengantarkan jenazah dengan berjalan kaki. Ditambah lokasi pemakaman yang bisa saja berada di pelosok yang tidak bisa dilalui oleh ambulan. Selain itu, pada kondisi tertentu jenazah memang tidak bisa diantarkan dengan berjalan kaki karena terdapat resiko baik secara medis maupun resiko lainnya.

Dengan kereta ini hanya memerlukan satu sampai dua orang saja untuk menariknya, sangatlah praktis dan membantu. Selain itu kereta ini menjadi antisipasi agar mayat tidak jatuh saat digotong, karena dilengkapi dengan adanya dua kurungan dibagian keranda dan dibagian kereta. Disisi kiri dan kanan kereta ini telah disediakan pegangan untuk support. Kereta ini juga dilengkapi dengan stopper rem tangan dibagian belakang dan stopper rem untuk jari-jari pada roda.

Selain ketiga peralatan yang menjadi satu paket alat pengurusan jenazah di atas, masih terdapat sarana pelengkap yang juga sangat berguna seperti tenda pemandian jenazah dan peralatan lainnya produk distributor keranda jenazah stainless. Dengan peralatan ini, semoga fardhu kifayah untuk mengurus jenazah dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan yang penting adalah sesuai pedoman.

Semoga ulasan ini dapat menjawab kebutuhan Anda. Simak berbagai ulasan lainnya seputar sarana pengurusan jenazah, fiqih pedoman untuk aktivitas yang berkaitan dengan jenazah serta berbagai artikel inspiratif di halaman distributor keranda jenazah. Silahkan cek harga keranda mayat untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.